Sunday, 25 September 2016

#YukBelajarVegan Ep 6 | #DemiKesehatan

Well, hari ini gw baru makan dua kali, dan dua2nya bisa dibilang bermenu sama.

NASI


KECAP
Paling gak bisa gw kalo gak pake kecap pas lagi makan. Terus merknya kudu Bango.


TEMPE


KRUPUK


So fucking simple. Daging? Nope.

Saturday, 24 September 2016

#YukBelajarVegan Ep 5 | #DemiKesehatan


Pas banget baru sampe rumah, setelah habis lembur di kantor (males bawa kerjaan ke rumah. Mending hajar aja biar weekend gak keganggu) saatnya gw sempatkan diri untuk sedikit laporan aja soal kegiatan gw #YukBelajarVegan kali ini.



Salah satu band idola gw, Between The Buried and Me. Lima orang. Empat orang dari mereka ngejalanin gaya hidup vegan dan straight edge. Nice.


So, apa yang gw makan hari ini?
1. Tadi sampe kantor siang, terus sampe-sampe langsung laper. Karena males ke belakang, yang mana gw harus keluar gedung dan turun 15 lantai. Jadi hari ini gw cukup ke pantry, di mana ada OB kantor yang suka jualan makanan. Kebetulan hari ini doi bawa nasi goreng bungkus gitu, jadi tanpa pikir panjang gw lahap saha.
- Nasi Goreng
- Telor Ceplok
- Gorengan Pastel
- Tambah tempe orek sama bihun lemparan makan siang temen yang gak abis.

2. Sore harinya gw cuma nitip mi ayam tapi gak pake daging.

3. Malemnya, setelah lembur gw keinget temen gw yang kebetulan kantornya gak jauh dari kantor gw. Setelah gw kontak ternyata doi masih kerja, jadi gw ajak aja sekalian buat ngeteh-ngeteh bentar. Sambil makan kentang goreng.

Btw, gak kerasa 5 hari gw kuat bertahan gak konsumsi daging. So far rasanya lumayan sih, kadang-kadang suka reflek pengen nyemil daging. Tapi ternyata gak susah juga kok buat belajar jadi vegetarian. Sisa gw masih ada dua hari lagi untuk jadi vegan setelah seminggu mungkin gw bisa cheating dikit buat makan daging.

Paling nggak, setelah itu gw bisa nyoba memanjangin waktu latihan vegetarian gw ini jadi dua minggu. Apakah bisa? Well, let's see.

Bye.

Friday, 23 September 2016

#YukBelajarVegan Ep 4 | #DemiKesehatan

Hari ini kegiatan #YukBelajarVegan luar biasa lancar. Masih bisa kuat iman untuk gak makan daging, apapun itu bentuknya. So kira-kira, here are the report about what things i've ate for this day:

1. Makanan Rumah ala kadarnya
- Tempe Orek sisa kemaren
- Mi goreng bikinan emak (sebenernya nggak mau nge-msg, tapi tanggung udah jadi makanannya)
- Nasi secuil
- Krupuk


2. Gw gak tau ini itungannya makan siang apa nggak
- Beli cereal Coco Crunch
- Dicampur ultra milk putih non lemak.

3. Jelang sore, iman kegoda buat ngemih.
- Kari Ayam, pake telor.

Malemnya, gw kena lembur untuk ngebikin storyline. Alhasil jam 2 baru balik dari kantor, dan ada undangan makan-makan lagi dari kolega. Jadinya melipir ke sebuah resto Padang. Lantas, ini lah yang gw santap

4. Kagak dagingan kok
- Nasi
- Daun Singkong
- Telor Balado
- Rendang tapi kuahnya doang.

Panjang sekali hari ini, banyak kegiatan. Kegiatan di kantor yang seharian cuma diabisin buat nonton yutub.

Bye.

Wednesday, 21 September 2016

#YukBelajarVegan Ep 3 | #DemiKesehatan

Well, untuk hari ini gw masih bertahan dan kuat untuk sama sekali tidak mengkonsumsi apa itu yang namanya daging. Apapun bentuknya. Lumayanlah, dan terhitung hari ini cukup makan dua kali saja dengna porsi yang dibilang cukup pula.

Dimulai dengan makan siang menjelang sore:
1. Prasmanan ala Warteg
- Nasi Setengah porsi
- Capcay
- Tempe Orek
- Telur
- Tahu Sambal

Lumayan ngenyangin, dan selanjutnya gw pun beli lagi jus buah Naga yang menyegarkan dan yang katanya punya khasiat macem-macem buat tubuh. Amin semoga bermanfaat buat kesehatan gw. Gak lama setelah itu sebetulnya perut masih laper, tapi untungnya di meja kantor ada kuaci, jadi sambil ngobrol-ngobrol dengan teman sejawat di kantor gw bisa sambil ngemilin kuaci.

Rencananya sih hari ini gw mau jogging sepulang kantor. Tapi, apa daya, gak jadi karena ada pekerjaan yang harus di-review bareng atasan. Alhasil gw cuma jogging otak untuk beberapa jam.

Terus, sesampainya di rumah, gw pikir buat ganjel perut gw makan lagi. Tapi lebih sederhana.

2. Makanan seadanha
- Nasi dengan porsi sedikit
- Tempe orek bikinan emak
- Krupuk.

Well, mungkin sepertinya kurang menyehatkan ya, nampaknya besok harus lebih banyak sayur dan jus buah.

Bye.


#YukBelajarVegan Ep. 2 | #DemiKesehatan

Well, untuk hari kedua ini, ternyata kegiatan gw untuk #YukBelajarVegan terbilang lancar. Karena gw bisa mengatasi rasa keinginan untuk memakan daging. Hari ini pun gw lancar berpuasa, lumayanlah itung-itung bayar utang bulan puasa kemarin. Semoga berkah amin.

So, untuk hari kedua ini, makanan yang gw makan adalah:

1. Pecel Madiun
- Nasi secukupnya
- Pedas Mode
- Sayur Banyakan (kol, toge, daun bayem, kemangi, dkk)
- Tempe orek
- Sambal Tahu
- Krupuk.

Courtesy: masakandapurku.com

Kebetulan menu pecel Madiun tersebut langsung gw garap buat menu berbuka. Ditemani dengan beberapa kian gelas air putih. Ternyata lumayan ngenyangin juga, kirain mentang-mentang puasa bakal jadi laper.

Kira-kira sampai tengah malem barulah gw makan lagi, setelah gw butuh asupan energi b uat ngerjain kerjaan lemburan.

2. Pecel Ayam (Tanpa Ayam)
- Nasi uduk
- Kol
- Sambel tomat
- Tahu goreng 3 biji.


So, kira-kira segitu saja petualangan gw yang gw rencanakan seminggu ke depan tanpa mengkonsumsi daging. Apapun itu bentuknya.

Sekian. Bye!

Monday, 19 September 2016

#YukBelajarVegan Ep. 1 | #DemiKesehatan

Well, at Monday 19th September 2016, I can say that I succeed to not to eat some meat. Yeay!


#DemiKesehatan

Diawali ketika bangun pagi, kebetulan nyokap beli makanan di warung tetangga, so gw mulai makanan pertama dengan.

Pagi:
1. Sayur Krecek Tahu
2. Urap
3. Kripik Tempe
4. Nasi (porsinya masih agak normal, pengennya dikit aja).

Kemudian, sesampainya gw dikantor, pas jam-jam makan siang gw gak makan siang, tapi cuma ngikut temen-temen kantor buat pada makan sedangkan gw mesen jus buah Dragon. Alias Jus buah naga. Lumayan seger dan semoga menyehatkan. Amin.

Siang:
1. Jus Buah Naga

Gak lupa di sela-sela kerja, gw selalu ingat buat minum aer putih secukupnya. Walau ngantuk, tapi sayangnya gw gak doyan kopi juga. Haa.

Terus jam-jam abis maghrib, gw mesen makan sama OB kantor (harusnya jalan kaki ke belakang biar sehat).

Sore:
1. Ayam Cabe Ijo (Tapi Gak pake ayam, jadi cuma sambel doang)
2. Tahu kuning empat biji (tukang ayam cabe ijonya juga jual tahu tempe)
3. Krupuk putih dua biji.
4. Nasi (porsinya juga masih gak tau diri, harusnya setengah aja)

Well, pas udah mau balik kantor (ini sayang banget) tiba-tiba tergoda ikut temen sebelom balik ngemie (fug).

Malem:
1. Mi Instant Kari Ayam (Harusnya jangan makan mi instan! Katanya mau jalanin #DemiKesehatan Bah!)

Well, kira-kira sekian dulu update ceriyanya. Bye.



Prologue Menuju #YukBelajarVegan | #DemiKesehatan

Memang, yang namanya manusia itu kalo lemah imannya pasti gak bakal pernah nyadar sampe dia kena batunya. 

Contohnya siapa? Gw. Jadi kira-kira gini, kalau diingat-ingat setahun lebih silam gw sakit sampai harus-harus dirawat di rumah sakit setempat dan menjalani pengobatan hingga berbulan-bulan (bahkan hampir setahun). Kala itu, gw bisa dibilang sedang lagi diuji sama Yang punya dunia. Badan gw yang terhitung tinggi untuk rata-rata orang Indonesia dan belum lagi besar karena banyak makan (gemuk). Berdasarkan stereotipe orang, keadaan fisik gw bisa dibilang sehat. Tapi yah namanya kalo dikasih sakit, siapapun dia pasti bisa kena.

(btw, mungkin jika kalian yang baca postingan ini bertanya-tanya tentang sakit apa yang gw alami, gw akan usahakan ceritain di postingan lain ya)

Dulu, medio 2015, sebelum gw sakit berat badan gw -- seinget gw -- mencapai 95 kg. Lalu setelah sakit, ngedrop puluhan kilo. Sampe 75 kg apa 80 kg gitu. Sebulan setengah gw gak masuk kantor, sekalinya masuk setiap kali jalan harus naikkin celana karena celana jins gw kedodoran. Selama menjalani pengobatan (yang setiap beberapa minggu sekali harus cek ke dokter dan harus beli obat yang banyaknya minta ampun) badan gw berangsur-angsur membaik dan terasa fit seperti sedia kala.

Nah, tapi di situlah gw lengah. Kembali ke tulisan atas, kalo imannya lemah pasti gak bakal pernah nyadar sampe kena batunya. So, seiring kondisi badan yang membaik, gw pun lupa diri lagi, makan jadi banyak seperti sedia kala (mengingat pas lagi sakit makan gw kelewat teratur). Junk food, daging-dagingan gw hajar. Istirahat pun lupa lagi, yang tadinya jam 11-12 (ini juga gak baik sih) malem udah molor, e pas udah sehat lagi begadang lagi. Cuma bedanya sekarang gw udah berenti ngerokok. Sebelum sakit gw ngerokok soalnya.

Lalu, sekarang gw sakit lagi?
Nggak sih, cuma memang semenjak sakit gw jadi parnoan. Kalo ada apa-apa gampang kepikiran.

Terus, apa yang dipikirin?
Berat badan gw. Karena sekarang udah hampir 100 kg (di kantor waktu nimbang udah 99 kg. astaga), which isn't very healthy. I can say that I'm overwheight. DAMN!

Nih gw nyoba kalkulasi berapa harusnya berat badan gw yang dikata "ideal"

Belum lagi, efek psikis akibat perlakuan verbal dari orang-orang sekitar pun makin sering berdatangan. Awalnya sih biasa aja, tapi lama-lama gw keganggu. Gw pun akhirnya mengerti rasa gak enaknya ketika dibilang "Eh, gendut lo!"

Tapi, lebih dari paragraf barusan, gw makin parno karena gw mulai berasa ada yang salah dengan badan gw. Intinya gw merasa gak sehat. Keterbatasan untuk beraktivitas makin terasa. Mulai dari badan gampang ngantuk, gampang lemes, gampang keringetan, susah ngiket tali sepatu sambil duduk karena ketahan perut menggendut, bahkan sampe gw sekarang tidur ngorok (kayanya daleman tubuh pun mulai berlemak, katanya pengaruh sih).

Solusinya apa dong?
Gw mau hidup sehat, mau perbanyak olahraga kayak jaman sekolah dan kuliah dulu. Paling nggak gw mau buktiin kalo gw ngejalanin hidup sehat apakah dampaknya bisa terlihat. Mari kita lihat bersama dan seksama. Nanti.

1. Dari beberapa hari belakangan ini, gw mulai sering joging. Sakit rasanya ketika gw udah saking lamanya gak pernah olahraga ditambah berat badan yang udah nyaris sekintal ini dipake buat berlari. Gampang capek karena gak pernah dilatih. Maka itu harus gw latih, gw berjanji. Jadi rencananya gw mau joging minimal 4 kali seminggu. Gw usahain (harus bisa) walau itu di kantor. Orang lain aja bisa masa gw gak bisa. Intinya OLAHRAGA!

2. Belum lagi pola makan. Bukannya mau diet, cuma kalo kata temen-temen gw sepertinya bakal mengatur lagi pola makan gw dengan lebih baik (rencananya ini bakal gw post di blog biar update aja). Gw pengen vegan. Pengen tau sampe mana sih efeknya kalo gw emang ngurangin makan daging dan lebih milih sayur-sayuran dan nasi (yang porsinya tentu dikurangin).

3. Gw juga mau puasa. Mungkin bisa dimulai dengan puasa Senin-Kamis atau puasa ala-ala Nabi gitu. Itung-itung bayar utang yang kemarin bolong ditambah kalo ini dilakukan dengan ikhlas siapa tau imbalannya adalah pahala. Amin.

Rencananya, ini bakal gw post setiap hari di blog ini. Gw berharap semoga postingan prologue ini bisa menginspirasi bagi kalian-kalian yang punya masalah dengan kelebihan berat badan dan mulai berasa efek gak baiknya di badan. Hope this will usefully for you.

Jadi tanpa lama-lama, yuk #YukBelajarVegan | #DemiKesehatan

bye.